Survei Mengenai Gangguan Organ Pencernaan
Kerja sama anggota badan penting untuk mendukung fungsi organ badan itu sendiri. Kerja sama juga sanggup kita jumpai di saat kita bermain bareng atau di saat melakukan pekerjaan kelompok. Untuk kiprah selanjutnya , kau dikehendaki sanggup melakukan pekerjaan sama dengan kelompokmu. Nantinya kau sanggup melakukan pekerjaan sama juga dengan golongan yang lain di kelasmu.
Dalam kiprah golongan ini , kau dan kelompokmu akan menjalankan survei lapangan di sekeliling sekolahmu. Perhatikan tindakan berikut dengan saksama.
1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dulu pada di saat kau menghasilkan poster metode pencernaan beserta fungsinya.
2. Ketua golongan dikehendaki sanggup mengontrol cara kerja anggotanya dengan baik , pastikan semua mendapat takaran kerjanya masing-masing.
3. Satu golongan mesti sanggup menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden selaku berikut:
4. Setelah menyeleksi responden , buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang hendak kau tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.
5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei selaku berikut.
6. Sebelum golongan kau menjalankan survei tersebut , semestinya kau secara berkelompok:
Fungsi Organ Pencernaan
Gangguan Pencernaaan
Contoh Hasil Survei
Setelah selesai mewawancarai para responden , kembalilah ke kelas dan laksanakan diskusi kelompok. Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster. Dengan supervisi guru , lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah nasehat dari golongan lain.
Sistem pencernaan insan berfungsi selaku pencerna kuliner yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian di distribusikan ke seluruh badan kita. Jika kesehatan pencernaan kita terusik , maka akan timbul banyak sekali gangguan kesehatan lainnya. Oleh alasannya yakni itu , kesehatan pada jalan masuk pencernaan sangatlah penting , sehingga perlu kita jaga biar metode pencernaan kita senantiasa sehat.
Dalam kiprah golongan ini , kau dan kelompokmu akan menjalankan survei lapangan di sekeliling sekolahmu. Perhatikan tindakan berikut dengan saksama.
1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dulu pada di saat kau menghasilkan poster metode pencernaan beserta fungsinya.
2. Ketua golongan dikehendaki sanggup mengontrol cara kerja anggotanya dengan baik , pastikan semua mendapat takaran kerjanya masing-masing.
3. Satu golongan mesti sanggup menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden selaku berikut:
- Apakah sebatas siswa-siswi dari sekolah?
- Apakah cuma menyurvei orang-orang remaja di sekolah?
- Apakah juga melibatkan orang-orang remaja di sekeliling sekolah?
- Apakah melibatkan keluarga-keluarga yang tinggal di sekeliling sekolah? Atau di sekeliling tempat tinggal kamu?
- Apakah akan menyurvei pegawanegeri pemerintahan wilayah setempat?
- Apakah akan menyurvei puskesmas terdekat?
4. Setelah menyeleksi responden , buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang hendak kau tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.
5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei selaku berikut.
- Jenis gangguan metode pencernaan yang pernah di alami responden.
- Tindakan yang diambil pada di saat responden mengalami gangguan tersebut.
- Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?
- Apa penyebab gangguan metode pencernaan yang dialami responden?
- Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya mempertahankan kesehatan metode pencernaannya?
- Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?
- Tindakan apa yang diambil oleh responden biar tidak terjangkit gangguan tersebut kembali?
6. Sebelum golongan kau menjalankan survei tersebut , semestinya kau secara berkelompok:
- Mengulas kembali organ-organ dalam metode pencernaan
- Fungsi dari tiap-tiap organ
Fungsi Organ Pencernaan
| No. | Organ | Fungsi |
|---|---|---|
| 1. | Mulut | Fungsi utama ekspresi yakni merusak kuliner sehingga ukurannya menjadi kecil. |
| 2. | Kerongkongan | Fungsi utama kerongkongan yakni memindahkan kuliner ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik. |
| 3. | Lambung | Fungsi utama lambung yakni untuk memecah kuliner dan mencampur dengan enzim dan asam |
| 4. | Usus Halus | Fungsi utama usus halus yakni menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan. |
| 5. | Usus Besar | Fungsi utama usus bsar yakni perembesan air dan pembetukkan feses. |
| 6. | Anus | Fungsi utama anus yakni pengeluaran sisa–sisa kuliner yang sudah tidak dikehendaki oleh badan lewat organ anus. |
Gangguan Pencernaaan
| Nama Ganguan | Keterangan | |
|---|---|---|
| Mag | Penjelasan | Mag ialah gangguan akhir peradangan pada lambung |
| Penyebab | Luka pada lambung yang tidak secepatnya terobati dan berakibat abuh kuman Helicobacter pylori. | |
| Gejala | Gejala berupa nyeri perut belahan atas , mual , dan muntah. | |
| Cara Mengatai | Penanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida sanggup membantu. | |
| Diare | Penjelasan | Diare ialah penyakit jalan masuk pencernaan yang disebabkan oleh abuh kuman , benalu , maupun virus. |
| Penyebab | Infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. | |
| Gejala | Gejala berupa diare termasuk perut kembung atau kram , tinja encer , rasa mulas , atau kadang-kadang mual dan muntah. | |
| Cara Mengatai | Biasanya , diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dijalankan yakni dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi.. | |
| Konstipasi | Penjelasan | Konstipasi atau “sembelit” yakni tanda-tanda fases mengeras sehingga sulit dikeluarkan. |
| Penyebab | Sembelit disebabkan oleh adanya perembesan air pada sisa kuliner yang berlebihan. | |
| Gejala | Harus mengejan di saat buang air besar. , Proses buang air besar terasa tidak tuntas. , Tinja terlihat kering , keras , atau bergumpal. | |
| Cara Mengatai | Banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air sanggup menangkal gangguan ini. | |
| Kolera | Penjelasan | Kolera yakni penyakit diare akut , yang disebabkan oleh abuh usus akhir terkena bakteria Vibrio Cholerae. |
| Penyebab | Penyebab abuh kolera yakni kuman berjulukan Vibrio cholerae. | |
| Gejala | Gejala ini sanggup timbul secara tiba-tiba. mual dan muntah , kram perut , dan dehidrasi. | |
| Cara Mengatai | Pemberian oralit , untuk mengambil alih cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah diperlukan penggantian cairan intravena (infus). | |
| Gastritis | Penjelasan | Gastritis ialah penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. |
| Penyebab | Penyebab lantaran kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. dan menyantap kuliner yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit. | |
| Gejala | Nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung , Hilang nafsu makan , Cepat merasa kenyang di saat makan , dan Perut kembung | |
| Cara Mengatai | Hindari kuliner berminyak , asam , atau pedas , jumpai dokter apabila tanda-tanda gastritis senantiasa terasa setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu | |
| Tifus | Penjelasan | Tifus ialah penyakit peradangan pada usus |
| Penyebab | Tifus disebabkan oleh kuliner dan minuman yang tidak tersadar kebersihannya | |
| Gejala | Gejala tifus yakni demam tinggi , badan menggigil , lemah dan mual. | |
| Cara Mengatai | Hindari makan di luar lantaran kebersihan kuliner di luar tidak sungguh-sungguh terjaga | |
| Radang Usus Buntu | Penjelasan | Radang usus buntu ialah pradangan pasa umbai cacing lantaran ampas kotoran yang tidak tercerna |
| Penyebab | Radang usus buntu terjadi lantaran ampas kotoran yang tidak tercerna menumpuk di usus buntu. | |
| Gejala | Gejala yang ditimbulkan yakni badan demam dan perut kanan bawah terasa nyeri. Perut terasa mual dan diikuti muntah | |
| Cara Mengatai | Hindari kuliner penyebab smbelit , banyak minum air putih dan jangan menangguhkan BAB. | |
Contoh Hasil Survei
| Nama Responden | Hasil Survei | |
|---|---|---|
| Agus | Jenis gangguan metode pencernaan yang pernah di alami | Mag |
| Tindakan yang diambil pada di saat responden mengalami gangguan | Meminum obat mag | |
| Seberapa parahkah gangguannya | Sampai mngalami muntah-muntah | |
| Apa penyebab gangguan metode pencernaan | Makan kuliner pedas | |
| Sedalam apakah tingkat kesadaran responden | Kesadaran masih rendah lantaran masih suka makan kuliner pedas. | |
| Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut? | Sekitar dua kali dalam sebulan | |
| Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terjangkit kembali | Mengurangi makan kuliner yang mengakibatkan mag | |
Setelah selesai mewawancarai para responden , kembalilah ke kelas dan laksanakan diskusi kelompok. Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster. Dengan supervisi guru , lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah nasehat dari golongan lain.
Sistem pencernaan insan berfungsi selaku pencerna kuliner yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian di distribusikan ke seluruh badan kita. Jika kesehatan pencernaan kita terusik , maka akan timbul banyak sekali gangguan kesehatan lainnya. Oleh alasannya yakni itu , kesehatan pada jalan masuk pencernaan sangatlah penting , sehingga perlu kita jaga biar metode pencernaan kita senantiasa sehat.

Tidak ada komentar untuk "Survei Mengenai Gangguan Organ Pencernaan"
Posting Komentar