Pembelajaran 3 Subtema 4 Saya Suka Berkarya
Pada lazimnya dalam menyusun paragraf menurut gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri merupakan rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan suatu peristwa. Tiap tiap bab dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut sampai membentuk dongeng yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri merupakan menyeleksi judul dongeng dari gambar tersebut. Langkah berikutnya merupakan penentuan bencana pertama pada gambar. Peristiwa tersebut mesti disusun dengan urut dan logis.
Paragraf yaitu susunan beberapa kalimat yang mengandung satu fikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok yaitu ilham utama dari suatu paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan menurut fikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini yaitu fikiran pokok dari setiap paragraf.
Hari Minggu Udin menjalankan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman merencanakan perbekalan yang diperlukan pada dikala penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat bangga dan bersemangat.
Sebelum menjalankan perjalanan , Udin mempelajari skema lokasi apalagi dahulu. Denah lokasi membuat lebih mudah menjalankan pejalanan penjelajahan. Melalui skema lokasi Udin dan teman-teman sanggup mengenali rute yang mesti dilalui.
Selama perjalanan , Udin dan teman-teman senantiasa melakukan pekerjaan sama. Salah satunya pada dikala akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..
Udin dan teman-teman merasa bahagia menjalankan acara perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak menampilkan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak menampilkan pengalaman menarik. Salah satu yang diharapkan dikala menjalankan penjelajahan yaitu peta lokasi atau denah. Denah menolong kita lebih mudah meraih kawasan tujuan.
Membuat gambar atau versi skema tergolong acara berkarya. Cobalah menghasilkan gambar dan versi skema sekolah!
Kumpulkan apalagi dulu informasi yang lengkap perihal sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi perihal banyak kelas. Cari juga informasi perihal banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua kawasan tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua kawasan sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi perihal banyak siswa setiap kelas untuk menghasilkan diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar skema sekolah sederhana!
Ayo Berlatih
Tuliskan data perihal sekolahmu!
Buatlah diagram menurut data tersebut!
Ayo Berkreasi
Sekarang kita akan menghasilkan skema menggunakan versi seumpama gambar berikut!
Buatlah versi ruangan dan tanaman seumpama keadaan sekolahmu! Gunting , lipat , dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk skema seumpama keadaan sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut sampai membentuk dongeng yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri merupakan menyeleksi judul dongeng dari gambar tersebut. Langkah berikutnya merupakan penentuan bencana pertama pada gambar. Peristiwa tersebut mesti disusun dengan urut dan logis.
Paragraf yaitu susunan beberapa kalimat yang mengandung satu fikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok yaitu ilham utama dari suatu paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan menurut fikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini yaitu fikiran pokok dari setiap paragraf.
- Hari Minggu Udin menjalankan perjalanan di lingkungan sekitar.
- Sebelum menjalankan perjalanan , Udin mempelajari skema lokasi apalagi dahulu.
- Selama perjalanan , Udin dan teman-teman senantiasa melakukan pekerjaan sama.
- Udin dan teman-teman merasa bahagia menjalankan acara perjalanan.
Hari Minggu Udin menjalankan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman merencanakan perbekalan yang diperlukan pada dikala penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat bangga dan bersemangat.
Sebelum menjalankan perjalanan , Udin mempelajari skema lokasi apalagi dahulu. Denah lokasi membuat lebih mudah menjalankan pejalanan penjelajahan. Melalui skema lokasi Udin dan teman-teman sanggup mengenali rute yang mesti dilalui.
Selama perjalanan , Udin dan teman-teman senantiasa melakukan pekerjaan sama. Salah satunya pada dikala akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..
Udin dan teman-teman merasa bahagia menjalankan acara perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak menampilkan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak menampilkan pengalaman menarik. Salah satu yang diharapkan dikala menjalankan penjelajahan yaitu peta lokasi atau denah. Denah menolong kita lebih mudah meraih kawasan tujuan.
Membuat gambar atau versi skema tergolong acara berkarya. Cobalah menghasilkan gambar dan versi skema sekolah!
Kumpulkan apalagi dulu informasi yang lengkap perihal sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi perihal banyak kelas. Cari juga informasi perihal banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua kawasan tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua kawasan sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi perihal banyak siswa setiap kelas untuk menghasilkan diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
| No | Bagian Sekolah | Posisi |
|---|---|---|
| 1 | Ruang kelas 1- 3 | Sebelah utara halaman sekolah |
| 2 | Perpustakaan | Sebelah barat ruang kelas 1 |
| 3 | Ruang Guru | Sebelah barat ruang kelas 4 |
| 4 | Ruang Kepala Sekolah | Sebelah utara ruang guru |
| 5 | Ruang kelas 4 - 6 | Sebelah selatan halaman sekolah |
| 6 | Kamar Mandi/WC | Sebelah timur kelas 3 |
| 7 | Kantin | Sebelah timur halaman sekolah |
| 8 | Tempat Parkir | Sebelah selatan gudang |
| 9 | Gudang | Sebelah timur kelas 6 |
| 10 | UKS | Sebelah selatan kantin |
Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar skema sekolah sederhana!
Ayo Berlatih
Tuliskan data perihal sekolahmu!
| No | Bagian Sekolah | Banyak |
|---|---|---|
| 1 | Ruang kelas 1-3 | 1 |
| 2 | Perpustakaan | 1 |
| 3 | Ruang Guru | 1 |
| 4 | Ruang Kepala Sekolah | 1 |
| 5 | Ruang kelas 4-6 | 1 |
| 6 | Kamar Mandi/WC | 3 |
| 7 | Kantin | 1 |
| 8 | Tempat Parkir | 1 |
| 9 | Gudang | 1 |
| 10 | UKS | 1 |
Ayo Berkreasi
Sekarang kita akan menghasilkan skema menggunakan versi seumpama gambar berikut!
Buatlah versi ruangan dan tanaman seumpama keadaan sekolahmu! Gunting , lipat , dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk skema seumpama keadaan sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!



Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 3 Subtema 4 Saya Suka Berkarya"
Posting Komentar