Contoh Soal Dan Respon Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Essay (Part-5)
Melanjutkan contoh soal dan respon bahasa Indonesia kelas XI Semester 2 essay bab keempat , pada bab kelima ini terdiri dari bahan essay bahasa Indonesia yang serupa dengan soal PG ke-5 , yakni wacana mempresentasikan hasil observasi dan mengomentari penyajian hasil penelitian.
Pada bab 5 , soal dimulai dari nomor 56 hingga dengan 70.
56. Cara berkomunikasi dengan menyodorkan informasi terhadap seseorang alasannya merupakan tanggung jawab yang dibebankan disebut....
Jawaban: laporan
57. Rumusan dilema tergolong bagian....................laporan penelitian
Jawaban: pendahuluan
58. Bagian epilog laporan observasi berisi...................dan ...................
Jawaban: kesimpulan dan saran
59. Penyampaian laporan hendaknya tidak ditambah atau dikurangi , memiliki arti bersifat....
Jawaban: faktual
60. Bahasa yang dipakai dalam laporan observasi adalah.................. dan ...................
Jawaban: bahasa baku dan ilmiah
61. Penelitian yang bersifat rasional , valid , dan sistematis. Hal ini memiliki arti bahwa observasi bersifat.....
Jawaban: ilmiah
62. Cara berpikir seorang peneliti adalah.......................... dan .....................
Jawaban: skeptis , analitis , dan kritis
63. Laporan observasi sanggup berupa......................... dan ................
Jawaban: laporan lengkap dan rangkuman eksekutif
64. Seorang peneliti mesti bersikap..........
Jawaban: objektif , yakni tidak berat sebelah
65. Tanggapan terhadap penyajian hasil observasi mesti terarah pada sasaran yang dikehendaki , sehingga.....
Jawaban: menawan perhatian
66. Jelaskan perbedaan faktual , objektif , dan denotatif dalam penyampaian laporan penelitian!
Jawaban: perbedaan faktual , objektif , dan denotatif dalam penyampaian laporan adalah:
- Faktual (sesuai dengan kondisi yang sebenarnya)
- Objektif (tidak ditambah atau dikurangi)
- Denotatif (menggunakan bahasa yang bermakna lugas)
67. Sebutkan tiga faedah penyajian hasil penelitian!
Jawaban: faedah penyajian hasil observasi adalah:
- Mengungkapkan banyak sekali kesanggupan yang dimiliki para peserta
- Memberikan peluang terhadap para penerima untuk menyalurkan kesanggupan masing-masing.
- Memperoleh umpan balik dari penerima perihal sasaran laporan yang sudah dan belum tercapai.
68. Jelaskan perbedaan antara cara berpikir skeptis , analitis , dan kritis yang mesti dipenuhi seorang peneliti!
Jawaban: perbedaan skeptis , analitis , dan kritis adalah:
- Skeptis merupakan kurang percaya , sangsi terhadap kesuksesan pemikiran dan sebagainya.
- Analisis merupakan berisfat/menurut analisis
- Kritis merupakan tajam dalam penganalisaan.
69. Sebutkan empat hal yang perlu diamati dalam mengemukakan respon terhadap penyajian hasil penelitian!
Jawaban: hal yang perlu diamati dalam mengemukakan respon terhadap penyajian hasil observasi adalah:
- Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang padat dan tersusun baik (rapi).
- Tanggapan yang dikemukakan mesti bermitra atau sesuai dengan topik.
- Tanggapan terarah pada sasaran yang dikehendaki , sehingga sanggup menawan perhatian. Tanggapan juga sanggup menerangkan apa yang sesungguhnya hendak diterangkan , merangsang , dan meyakinkan.
- Menggunakan kata yang sempurna dan bersahaja (sederhana).
70. Sebutkan dan jelaskan dua langkah antisipasi dalam menampilkan respon terhadap penyajian hasil penelitian!
Jawaban: langkah antisipasi dalam menampilkan respon terhadap penyajian hasil observasi adalah:
- Mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan dilema pokok lewat pengamatan , wawancara , atau membaca buku-buku yang cocok dengan dilema yang ditanggapi.
- Tiap dilema pokok dikemukakan dengan kata-kata yang sempurna dan disusun menjadi kalimat bersahaja.
Lanjut ke nomor 71-80 => contoh soal essay bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 dan Jawaban Bagian ke-6
Pada bab 5 , soal dimulai dari nomor 56 hingga dengan 70.
56. Cara berkomunikasi dengan menyodorkan informasi terhadap seseorang alasannya merupakan tanggung jawab yang dibebankan disebut....
Jawaban: laporan
57. Rumusan dilema tergolong bagian....................laporan penelitian
Jawaban: pendahuluan
58. Bagian epilog laporan observasi berisi...................dan ...................
Jawaban: kesimpulan dan saran
59. Penyampaian laporan hendaknya tidak ditambah atau dikurangi , memiliki arti bersifat....
Jawaban: faktual
60. Bahasa yang dipakai dalam laporan observasi adalah.................. dan ...................
Jawaban: bahasa baku dan ilmiah
61. Penelitian yang bersifat rasional , valid , dan sistematis. Hal ini memiliki arti bahwa observasi bersifat.....
Jawaban: ilmiah
62. Cara berpikir seorang peneliti adalah.......................... dan .....................
Jawaban: skeptis , analitis , dan kritis
63. Laporan observasi sanggup berupa......................... dan ................
Jawaban: laporan lengkap dan rangkuman eksekutif
64. Seorang peneliti mesti bersikap..........
Jawaban: objektif , yakni tidak berat sebelah
65. Tanggapan terhadap penyajian hasil observasi mesti terarah pada sasaran yang dikehendaki , sehingga.....
Jawaban: menawan perhatian
66. Jelaskan perbedaan faktual , objektif , dan denotatif dalam penyampaian laporan penelitian!
Jawaban: perbedaan faktual , objektif , dan denotatif dalam penyampaian laporan adalah:
- Faktual (sesuai dengan kondisi yang sebenarnya)
- Objektif (tidak ditambah atau dikurangi)
- Denotatif (menggunakan bahasa yang bermakna lugas)
67. Sebutkan tiga faedah penyajian hasil penelitian!
Jawaban: faedah penyajian hasil observasi adalah:
- Mengungkapkan banyak sekali kesanggupan yang dimiliki para peserta
- Memberikan peluang terhadap para penerima untuk menyalurkan kesanggupan masing-masing.
- Memperoleh umpan balik dari penerima perihal sasaran laporan yang sudah dan belum tercapai.
68. Jelaskan perbedaan antara cara berpikir skeptis , analitis , dan kritis yang mesti dipenuhi seorang peneliti!
Jawaban: perbedaan skeptis , analitis , dan kritis adalah:
- Skeptis merupakan kurang percaya , sangsi terhadap kesuksesan pemikiran dan sebagainya.
- Analisis merupakan berisfat/menurut analisis
- Kritis merupakan tajam dalam penganalisaan.
69. Sebutkan empat hal yang perlu diamati dalam mengemukakan respon terhadap penyajian hasil penelitian!
Jawaban: hal yang perlu diamati dalam mengemukakan respon terhadap penyajian hasil observasi adalah:
- Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang padat dan tersusun baik (rapi).
- Tanggapan yang dikemukakan mesti bermitra atau sesuai dengan topik.
- Tanggapan terarah pada sasaran yang dikehendaki , sehingga sanggup menawan perhatian. Tanggapan juga sanggup menerangkan apa yang sesungguhnya hendak diterangkan , merangsang , dan meyakinkan.
- Menggunakan kata yang sempurna dan bersahaja (sederhana).
70. Sebutkan dan jelaskan dua langkah antisipasi dalam menampilkan respon terhadap penyajian hasil penelitian!
Jawaban: langkah antisipasi dalam menampilkan respon terhadap penyajian hasil observasi adalah:
- Mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan dilema pokok lewat pengamatan , wawancara , atau membaca buku-buku yang cocok dengan dilema yang ditanggapi.
- Tiap dilema pokok dikemukakan dengan kata-kata yang sempurna dan disusun menjadi kalimat bersahaja.
Lanjut ke nomor 71-80 => contoh soal essay bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 dan Jawaban Bagian ke-6
Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Dan Respon Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Essay (Part-5)"
Posting Komentar