Cara Mengubah Bos Kipas Angin Yang Aus
Apakah anda pernah mengalami kipas angin yang putarannya lambat atau bahkan tidak sanggup berputar sama sekali dan di saat baling-baling digerakkan dengan tangan serasa berat atau seret? Jika pernah , maka itu disebabkan oleh bos dan rotor kipas angin yang sedang dalam kondisi macet atau seret sehingga menghasilkan kipas angin putarannya lambat atau bahkan tidak sanggup berputar sama sekali.
Umumnya penyebab kemacetan pada kepingan bos dan rotor atau as tersebut dikarenakan oleh kemasukan bubuk yang cukup tebal sehingga kipas angin menjadi berat putarannya , atau sanggup juga lantaran memang terdapat kerusakan pada kepingan bos kipas angin tersebut yang aus dan minta diganti.
Keausan atau rusaknya bos tersebut bahwasanya berawal dari bubuk berangasan yang menggerus permukaan bos lantaran bersinggungan pribadi dengan rotor atau as. Nah , apabila anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya lantaran jika bos sudah mengalami aus , umumnya rotor atau as juga akan ikut aus jika kipas angin terus dipakai dan tentunya ausnya rotor tersebut akhir tergerus oleh bos yang aus tadi.
Kaprikornus , lebih baik anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya dan kemudian secepatnya melaksanakan perbaikan yakni dengan mengubah bos yang sudah aus tersebut , hal ini untuk menghambat terjadi kerusakan yang lebih parah lagi umpamanya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.
Untuk itu pada peluang kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengubah bos kipas angin yang aus , proses perbaikan ini bahwasanya cukup gampang dan anda sanggup melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat jasa reparasi.
Baiklah untuk mengubah bos kipas angin yang aus ada beberapa tahapan yang sanggup anda ikuti menyerupai di bawah ini.
Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus
Tentu saja pertama-tama kita mesti membuka semua epilog kipas anginnya mulai dari pelindung baling-baling , cover depan (penutup dinamo depan) dan juga gearbox yang ada dibelakang dinamo.
Setelah semua proses membongkar atau membuka yang diatas sudah selesai , maka teruskan dengan memisahkan kepingan motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya untuk mengambil kedua rumah bosnya , dan jika diperlukan potong juga kabel yang mengarah ke dinamonya , lantaran kadang kala ada beberapa merek yang tidak sanggup dilepas pribadi kabelnya sehingga mesti memotongnya.
Lihat pada gambar dibawah ini
Keterangan :
1. Bos depan dan belakang
2. Bagian as atau rotor yang menjamah bos
Periksa pada kedua bosnya tersebut , umumnya yang sering rusak yakni bos kepingan depan , tetapi juga tidak menutup kemungkinan bos kepingan belakang mengalami kerusakan , kesimpulannya yakni anda mesti melaksanakan penggantian bos yang aus dengan yang gres walaupun mesti mengubah keduanya. Bos gres ini sanggup anda beli ditoko-toko elektronik terdekat di daerah anda.
Jangan lupa untuk memeriksa asnya juga , umumnya akan terasa ada garis-garis yang berangasan jika diraba dengan tangan. tetapi jika tidak terlampau parah , ini sanggup dituntaskan dengan cara mengamplasnya dengan amplas super halus tetapi amplas sedikit saja lantaran cara ini cuma berencana untuk menetralisir permukaan berangasan atau keausan pada asnya , lantaran rotor atau as yang aus tersebut jika dibiarkan akan menghasilkan bos yang gres kita ganti akan ikut aus atau rusak di saat kipas angin digunakan.
Oke jika anda sudah paham kepingan bos mana yang perlu diganti , maka pribadi saja kita laksanakan penggantiannya dengan melepaskan apalagi dahulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci menyerupai pada gambar berikut.
Anda mesti waspada di saat melepas tiga pengunci ini , gunakan obeng min untuk membengkokannya lantaran pengunci ini rawat patah , bengkokkan dengan berlahan hingga sanggup dilepas.
Jika sudah maka lepaslah dan keluarkan bosnya , ingat baik-baik posisi atau urutan bagian-bagiannya.
Keterangan :
1. Cangkang bos
2. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
5. Rumah bos
Bersihkan setiap bagian-bagiannya menyerupai cangkang , peredam dan kepingan lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan bagian-bagiannya menyerupai semula. Sebagai embel-embel saja , anda sanggup memberi lem untuk memperkuat 3 penguncinya , tetapi tetap laksanakan dengan hati-hati jangan hingga bosnya terkena lem.
Jangan lupa untuk memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu dikenang jangan menggunakan pelumas asal-asalan semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket , lantaran itu cuma akan menghasilkan bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yang anggun umpamanya menyerupai minyak mesin jahit singer yang saya gunakan dibawah ini.
Setelah bos sudah diganti maka kini tinggal memasang kembali semua bagian-bagiannya menyerupai dinamo , as , gearbox dan beberapa kepingan yang lain tergolong juga sambungan kabelnya jika belum tersambung.
Kembalikan seluruhnya menyerupai sediakala kemudian colokan steker kipas angin ke sumber listrik dan wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan semua serdadu nyamuk. haha ..
Oke mungkin cukup sekian , mudah-mudahan postingan ini sanggup menolong dan berharga untuk anda semua , selamat menjajal dan mudah-mudahan berhasil. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah.
Umumnya penyebab kemacetan pada kepingan bos dan rotor atau as tersebut dikarenakan oleh kemasukan bubuk yang cukup tebal sehingga kipas angin menjadi berat putarannya , atau sanggup juga lantaran memang terdapat kerusakan pada kepingan bos kipas angin tersebut yang aus dan minta diganti.
Keausan atau rusaknya bos tersebut bahwasanya berawal dari bubuk berangasan yang menggerus permukaan bos lantaran bersinggungan pribadi dengan rotor atau as. Nah , apabila anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya lantaran jika bos sudah mengalami aus , umumnya rotor atau as juga akan ikut aus jika kipas angin terus dipakai dan tentunya ausnya rotor tersebut akhir tergerus oleh bos yang aus tadi.
Kaprikornus , lebih baik anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya dan kemudian secepatnya melaksanakan perbaikan yakni dengan mengubah bos yang sudah aus tersebut , hal ini untuk menghambat terjadi kerusakan yang lebih parah lagi umpamanya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.
Untuk itu pada peluang kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengubah bos kipas angin yang aus , proses perbaikan ini bahwasanya cukup gampang dan anda sanggup melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat jasa reparasi.
Baiklah untuk mengubah bos kipas angin yang aus ada beberapa tahapan yang sanggup anda ikuti menyerupai di bawah ini.
Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus
Tentu saja pertama-tama kita mesti membuka semua epilog kipas anginnya mulai dari pelindung baling-baling , cover depan (penutup dinamo depan) dan juga gearbox yang ada dibelakang dinamo.
Setelah semua proses membongkar atau membuka yang diatas sudah selesai , maka teruskan dengan memisahkan kepingan motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya untuk mengambil kedua rumah bosnya , dan jika diperlukan potong juga kabel yang mengarah ke dinamonya , lantaran kadang kala ada beberapa merek yang tidak sanggup dilepas pribadi kabelnya sehingga mesti memotongnya.
Lihat pada gambar dibawah ini
1. Bos depan dan belakang
2. Bagian as atau rotor yang menjamah bos
Periksa pada kedua bosnya tersebut , umumnya yang sering rusak yakni bos kepingan depan , tetapi juga tidak menutup kemungkinan bos kepingan belakang mengalami kerusakan , kesimpulannya yakni anda mesti melaksanakan penggantian bos yang aus dengan yang gres walaupun mesti mengubah keduanya. Bos gres ini sanggup anda beli ditoko-toko elektronik terdekat di daerah anda.
Jangan lupa untuk memeriksa asnya juga , umumnya akan terasa ada garis-garis yang berangasan jika diraba dengan tangan. tetapi jika tidak terlampau parah , ini sanggup dituntaskan dengan cara mengamplasnya dengan amplas super halus tetapi amplas sedikit saja lantaran cara ini cuma berencana untuk menetralisir permukaan berangasan atau keausan pada asnya , lantaran rotor atau as yang aus tersebut jika dibiarkan akan menghasilkan bos yang gres kita ganti akan ikut aus atau rusak di saat kipas angin digunakan.
Oke jika anda sudah paham kepingan bos mana yang perlu diganti , maka pribadi saja kita laksanakan penggantiannya dengan melepaskan apalagi dahulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci menyerupai pada gambar berikut.
Anda mesti waspada di saat melepas tiga pengunci ini , gunakan obeng min untuk membengkokannya lantaran pengunci ini rawat patah , bengkokkan dengan berlahan hingga sanggup dilepas.
Jika sudah maka lepaslah dan keluarkan bosnya , ingat baik-baik posisi atau urutan bagian-bagiannya.
Keterangan :
1. Cangkang bos
2. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
5. Rumah bos
Bersihkan setiap bagian-bagiannya menyerupai cangkang , peredam dan kepingan lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan bagian-bagiannya menyerupai semula. Sebagai embel-embel saja , anda sanggup memberi lem untuk memperkuat 3 penguncinya , tetapi tetap laksanakan dengan hati-hati jangan hingga bosnya terkena lem.
Jangan lupa untuk memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu dikenang jangan menggunakan pelumas asal-asalan semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket , lantaran itu cuma akan menghasilkan bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yang anggun umpamanya menyerupai minyak mesin jahit singer yang saya gunakan dibawah ini.
Setelah bos sudah diganti maka kini tinggal memasang kembali semua bagian-bagiannya menyerupai dinamo , as , gearbox dan beberapa kepingan yang lain tergolong juga sambungan kabelnya jika belum tersambung.
Kembalikan seluruhnya menyerupai sediakala kemudian colokan steker kipas angin ke sumber listrik dan wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan semua serdadu nyamuk. haha ..
Oke mungkin cukup sekian , mudah-mudahan postingan ini sanggup menolong dan berharga untuk anda semua , selamat menjajal dan mudah-mudahan berhasil. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah.








Tidak ada komentar untuk "Cara Mengubah Bos Kipas Angin Yang Aus"
Posting Komentar